Makanan Halal di Manchester

Terlepas dari isu yang lagi hangat akhir-akhir ini tentang jilbab halal, aku kali ini mau share tentang makanan halal di Manchester (ngga bisa digeneralisasi untuk seluruh UK, tapi beberapa kota lain di UK are pretty much the same as Manchester).

Makanan halal, baik di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim maupun di negara lain, merupakan hal yang tricky. Buatku, makanan halal bukan hanya yang ngga mengandung pork, tapi juga rhum, red wine, white wine, dan lain-lain. Di Indonesia pun banyak makanan yang berpotensi ngga halal (dan jelas-jelas ngga ada logo halalnya, tapi kita cenderung merasa safe karena kita di Indonesia, negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim). Contohnya, saus spaghetti yang dimasak dengan campuran red wine, roti yang proses pembuatannya menggunakan ragi yang ngga halal, coklat dengan gelatin babi, dan cake yang mengandung rhum atau alkohol. Aku pun masih suka cuek dan asal makan, tapi semoga ke depannya bisa lebih aware dan selektif (di Indonesia dan di Manchester).

Restoran

Di Manchester,tepatnya di daerah Rusholme, ada sebuah jalan yang disebut Curry Mile. Di sana terdapat beragam restoran India dan timur tengah berlogo halal. Bahkan satu blok sebelum Curry Mile, Subway-nya pun halal. Di sekitar Curry Mile juga ada supermarket halal dan beberapa butcher halal. Pokoknya kalau di Curry Mile, rasanya ngga seperti ada di Manchester. Aku beruntung banget karena tinggal ngga jauh dari Rusholme, bisa jalan kaki.

Harga makanan di restoran-restoran Arab, Pakistan, India, dan sekitarnya affordable banget. Sekali makan ngga sampai £10 dan porsinya banyak banget. Aku selalu makan setengah porsi dan sisanya aku bawa pulang. Aku suka banget segala jenis makanan Arab dan ngga pernah anti sama masakan berbahan dasar kambing, jadi semua yang tersedia di Curry Mile memuaskan banget buatku 😀 Selain makanan authentic Arab, ada juga fast food (ala KFC plus kebab dan shawarma) dan dessert shop. Kalau beli fast food tentunya lebih murah lagi..  sekitar £3 bisa untuk 2 kali makan.

Beberapa restoran Cina dan Korea juga menyediakan menu halal (they literally memisahkan proses pembuatan makanan yang halal dan yang non halal). Yang agak jarang berlogo halal itu restoran Jepang, sama sih kasusnya dengan di Indonesia hehe, padahal makanan Jepang enak banget!

Di salah satu toko kue dan patisserie, pelayannya helpful banget. Aku pernah bertanya apakah blackforest cake-nya mengandung rhum atau engga dan dia menjawab “no, but it does contain alcohol”. Temanku pun bilang kalau pelayan di sana dengan sabar menjelaskan kandungan-kandungan setiap cake di etalase dan memilihkan cake yang (secara kandungan) halal. Toko ini pun melayani pesanan kue customize, kita bisa memberikan list bahan-bahan apa aja yang ngga boleh ada di cake yang kita pesan.

Bahan Makanan di Supermarket

Kalau bener-bener mencari setiap bahan makanan yang ada logo halalnya, dijamin ngga akan makan apapun selama setahun di UK. Untuk makanan-makanan seperti daging, ayam, bakso, dan makanan impor logo halal masih bisa ditemukan. Tapi kalau biskuit, roti, mentega, coklat, susu, dan lain-lain, berdoa aja supaya makanan yang dibeli tergolong halal. Aku sendiri selalu mencari yang ada logo suitable for vegetarian-nya (walaupun ini ngga berarti bebas dari alkohol). But that’s the best that i can get.

Mencari makanan halal di Manchester ngga semudah di Indonesia, tapi ngga berarti sulit juga. I can’t be as strict as i was back home, tapi toh emang jangan dibikin repot. As long as we try our best, insya Allah aman 🙂 (ini ngingetin diri sendiri juga hehehe)

 

♥ Atiqah Zulfa Nadia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s