Presentation Tips

Skill presentasi adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki semua orang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), presentasi memiliki empat pengertian yaitu 1 pemberian (tentang hadiah); 2 pengucapan pidato (pada penerimaan suatu jabatan); 3 perkenalan (tentang seseorang kepada seseorang, biasanya kedudukannya lebih tinggi); 4 penyajian atau pertunjukan (tentang sandiwara, film, dan sebagainya) kepada orang-orang yang diundang. Tips presentasi yang akan aku berikan di sini adalah presentasi dalam arti penyajian, terutama penyajian suatu materi di depan orang banyak which is akan sering dilakukan di masa sekolah, kuliah, dan kerja.

Tips ini aku dapat dari mentorku waktu internship di Thailand, beberapa hari sebelum aku maju untuk presentasi hasil magangku di sana. It’s a brief and fairly straightforward tips. Saat menyampaikan suatu materi (presentasi) selalu ingat urutan ini: tell them (your audiences) what you’re going to tell them, tell them, tell them what you told them. Tips ini akan sangat memengaruhi struktur presentasi kita. Setelah membuka dengan sapaan yang hangat dan bersemangat plus memperkenalkan diri (kalau audience-nya belum kenal dengan kita), sampaikan secara singkat konten atau agenda presentasi yang akan di-deliver. This means, slide yang berisi list konten presentasi jangan sampai terlewat. It really helps us to create the slides as well, ensuring that we stick to that content list and never go out of the scope.

Step kedua adalah tell them. Di bagian ini saatnya go deep in detail untuk setiap poin di konten presentasi. This is basically the main show. Seringkali orang-orang memasukkan begitu banyak hal di bagian ini, which sometimes unnecessary. Be detail and concise, jangan bertele-tele. Too much words di slide juga bukan hal yang bagus karena akan mendistraksi audience dari mendengarkan menjadi membaca. Put some points only on the slides and then it’s our job to tell the story.

969674_4361865985121_600547262_n

Sebagai penutup, wrap up the presentation dengan merangkum hal-hal yang udah kita sampaikan. It seems that we say the same thing for 3 times, but it’s a good thing. Konon, secara psikologis itu akan membuat audience merasa convinced dengan apa yang kita sampaikan dan menurutku pribadi itu akan membuat audience yang sempat terdistraksi di tengah presentasi jadi ngga ketinggalan overall content dari presentasi kita.

Simple things, aren’t they? Semoga bisa dipraktekkan segera dan bermanfaat 🙂 Good luck!

 

♥ Atiqah Zulfa Nadia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s