Afternoon Tea

Salah satu must-do activities di UK yang ngga boleh terlewatkan adalah ngeteh cantik. Penambahan kata ‘cantik’ setelah verb biasanya menandakan kalau aktivitas tersebut chic, instagram-able, path-able, dan biasanya dilakukan di tempat yang ambience-nya lucu dan unik bersama dengan sahabat-sahabat atau yang sekarang sedang trend disebut #squad. Jadi, kamera dengan high resolution adalah item yang wajib dibawa.

Untuk orang lokal sendiri, afternoon tea adalah hal biasa selayaknya kira orang Indonesia makan di Pizza Hut. Yang membuat afternoon tea menarik untuk para turis dan aku (yang udah ngga cocok lagi disebut turis) adalah karena afternoon tea merupakan budaya orang Inggris and it’s just fun to learn the culture of other countries. Salah satu kebiasaan minum teh di Inggris adalah mencampurkan susu ke dalam teh, tea with milk. Entah kenapa itu terdengar aneh bagi beberapa orang. Kalau aku dari dulu udah terbiasa minum teh dicampur susu (condensed milk, kalau di sini susunya skimmed atau semi skimmed milk biasa). Waktu dulu aku ngekos di Depok, pagi-pagi sering sarapan di warkop dengan menu teh susu dan indomie rebus pakai telor dan rawit. Well, this isn’t worth a comparison 😀 intinya, I don’t find tea with milk is weird. I like it.

Satu paket afternoon tea harganya luar biasa mengejutkan. Dari sekitar £7 sampai lebih dari £20, apalagi yang paket ala ratu. Standarnya, teh disajikan bersamaan dengan scones dan sandwich. Kalau paket yang lengkap, tea pot disajikan bersama dengan 2-3 tier cake stand berisi macam-macam snack bites (scones, cake, sandwich, dan lain-lain).

Di Manchester ada banyak tempat ngeteh cantik dan beberapa di antaranya harus book in advance. Aku pernah ngeteh di Richmond Tearooms, lokasinya di Manchaster Gay Village karena kebetulan owner dari tearoom ini adalah pasangan gay. Tempatnya lucu, didesain seperti movie set-nya Alice in Wonderland. Such a combination of quirk and cuteness. Berhubung aku mahasiswa berprinsip hidup hemat, aku ngga pesan paket, melainkan single pot camomile tea dan victoria sponge cake yang dimakan berdua dengan temanku. I don’t quite understand perbedaan teh Inggris dengan teh lainnya karena buatku, teh prenjak dan sariwangi melati udah paling enak sedunia 😀 kalau cake-nya, menurutku sih cake di Inggris emang juara. enaaak, they’re good at making sweet stuffs.

Ngeteh cantik sambil menikmati hujan gerimisnya Manchester, is definitely an experience that is sooo British 🙂 and here are some snaps just for you.

 

♥ Atiqah Zulfa Nadia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s