North Wales: Pre-Departure

Holiday time! Saatnya menggunakan uang tabungan untuk jalan-jalan di UK. My ambition so far is to visit all countries in UK, dan perjalanan ke Wales saat Easter break kemarin meninggalkan Northern Ireland sebagai satu-satunya negara di UK yang belum aku datangi. So, I visited Wales yang masih satu daratan dengan England. Aku menghabiskan 4 hari 3 malam di sana dan fokus muter-muter di bagian utaranya aja. Letaknya di sebelah barat dari Manchester dan hanya sekitar 2-3 jam perjalanan untuk sampai di sana. Ini road trip pertamaku di UK. It was so fun since day one, bahkan sejak mulai membuat itinerary.

Aku pertama kali jatuh cinta dengan North Wales waktu melihat foto temanku di Portmeirion, sebuah desa warna-warni di pinggir laut. Dari situ, aku mulai mengajak dan memengaruhi teman-temanku untuk pergi kesana. Si A mengajak si B, si B mengajak si C sampai akhirnya berkumpulah tujuh orang yang excited banget mau berlibur di North Wales.

Itinerary

Aku anaknya suka membuat planning, like literally for everything. I rarely come late to an appointment unless I plan to (LoL). Untuk perjalanan kali ini, aku mostly merujuk pada website visit Wales dan melihat top attractions yang ditawarkan. Website-nya helpful banget dan interface-nya menarik, something I definitely wish to be present in Indonesian tourism websites. Sekali dua kali aku double check ke trip advisor supaya lebih yakin kalau tempatnya memang recommended. Yang paling menarik adalah, sebagian besar nama daerah ataupun tourist attractions yang aku dan partner membuat itinerary-ku lihat, ngga bisa kami pronounce dengan benar. Bahasa Wales itu didominasi oleh konsonan sehingga ngga paham gimana harus melafalkannya. We ended up saying “bwlewlelebwele” all the time.

Sewa Mobil

Banyak orang yang ngga percaya waktu aku bilang kalau SIM Indonesia itu berlaku selama satu tahun di UK (SIM biasa, it doesn’t have to be international driving license). I don’t quite know why, mungkin karena we drive in the same side of the road. Oh ya, di sini orang-orang bukan menyebut setir kiri atau setir kanan kayak di Indonesia (which is literally letak setir mobilnya), melainkan menyetir di sebelah kiri jalan atau menyetir di sebelah kanan jalan (letak mobil berada kalau di jalanan). So, di Indonesia dan di UK sama-sama drive in the left side of the road (berarti setirnya ada di kanan). Ok, not so important but I hope it’s nice for you to know hehe.

Jadi, selama punya SIM dan belum lebih dari satu tahun tinggal di UK, we all are eligible to rent a car. Tapi, umurnya harus di atas 22 tahun dan driver dengan umur di bawah 25 tahun dikenakan surcharge. Plus, harga insurance-nya lebih mahal. Pilihan mobilnya pun lebih sedikit. Young driver cuma bisa pinjam mobil tipe city car yang maximum seat-nya adalah 5. Sounds funny to me, secara dulu waktu umurku belum 20 tahun aja aku udah nyetir mobil tipe SUV. Well, anyway, sewa mobil itu harganya sekitar £60-an per hari (belum termasuk surcharge dan insurance). Jadi, tipsnya kalau mau road trip adalah: cari teman jalan-jalan yang umurnya udah lebih dari 25 tahun supaya lebih hemat dan bisa nyewa mobil besar.

Booking Hotel

Kendala jalan-jalan tanpa punya teman di daerah yang akan kita kunjungi adalah harus keluar uang untuk biaya penginapan. Sebagai mahasiswa yang hemat, kami mencari penginapan yang murah meriah, yaitu hostel dan airbnb. Selama tiga malam, kami menginap di tempat yang berbeda-beda setiap harinya. Harganya bervariasi dan yang paling murah adalah £15 per malam untuk satu orang. Menurutku, semua penginapan yang aku tumpangi selama liburan ini memuaskan banget.

Itu semua adalah hal-hal yang aku dan teman-teman persiapkan sebelum berangkat ke North Wales. If you got any questions, just drop me a line and I’d be happy to answer 😀 Next post adalah tentang tempat-tempat yang aku kunjungi selama liburan kemarin. Read on!

 

♥ Atiqah Zulfa Nadia

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s