Back to Uni Part 2

Hi!

Sebelumnya aku udah share persiapan back to uni (part 1) dan sekarang aku mau lanjutin pembahasannya. Kali ini aku akan lebih fokus ke persiapan setelah diterima di uni dan masalah finansialnya juga udah beres (either you’re with scholarship or not). Jadi bisa dibilang ini persiapan keberangkatan.

Visa

Ini paling penting dan paling tricky. Untuk studi di UK sendiri, visa baru bisa diurus setelah CAS keluar. Seingetku CAS itu singkatan dari Confirmation of Acceptance to Study. CAS dikeluarkan oleh kampus dan dikirim by email. Proses pengurusan visa itu tiap tahun bisa ganti-ganti prosedurnya, so I’m not gonna talk much here. Be proactive dan cari tahu apa aja yang perlu disiapkan. Dan yang paling penting, prepare and apply in advance. Butuh sekitar 3-4 minggu sampai visa granted, so bare this in mind kalau ngga mau panik in last minute. Sebaiknya apply as early as possible. Aku tahun lalu dibantuin sama agent untuk proses apply visa and it’s really helpful.

Cari Teman

Setelah accept offer, coba cari informasi tentang PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) di kota tempat kamu akan studi nantinya. Contact dengan PPI itu bermanfaat banget, contohnya kalau di PPI-GM (Greater Manchester), kamu bisa dapet buddy yang akan meng-guide kamu dan bersedia ditanya apa aja tentang kehidupan di Manchester. Kamu juga bakal join di group (bisa di Whatsapp atau di Line) yang isinya orang-orang yang sama-sama akan studi di uni atau di kota yang sama kayak kamu. Trust me, punya teman di hari-hari pertama kedatangan tuh penting banget! Karena ada banyak hal membingungkan yang bakal ditemuin. Dari group itu juga kamu bisa dapet teman yang mau cari flat bareng atau yang sejurusan. So, do get in touch dengan PPI yah. Dari situ kamu bisa mulai cari teman yang bisa diajak ngobrol, tinggal bareng, berangkat bareng, dan lain-lain.

Akomodasi

Basically ada dua tipe akomodasi: campus and non-campus. Biasanya campus accom itu bentuknya flat atau hall sedangkan yang non-campus lebih beragam lagi. Ada yang flat, hall, rumah, dan apartemen. Keduanya ada lebih dan kurangnya. Aku tinggal di campus accom yang bentuknya flat. Harga campus accom biasanya lebih mahal dari non-campus, tapi enaknya dia udah all-in dan ngga ribet urus ini itu. Ada cleaner-nya juga walaupun ngga bersihin kamar tidur. Enaknya lagi, kita jadi nambah teman dari luar negeri. Kurang enaknya karena bentuknya bukan rumah. Setelah berbulan-bulan tinggal di kos-kosan gini aku ngerasa kangen tinggal di rumah hehe. Selain itu kadang sepi juga kalau dibanding dengan yang nyewa rumah rame-rame. You get home, enter your room, and that’s it. Alhamdulillah tempat tinggalku sih enak banget, deket sama kampus dan deket sama supermarket.

Tiket Pesawat

Kalau ini bener-bener preferensi masing-masing sih ya.. Ada banyak banget pilihan maskapai yang bisa mengantar kamu ke kota tempat kamu akan belajar. Harganya pun sebenernya mirip-mirip aja. Paling yang agak beda (dan cukup penting untuk di-consider) adalah baggage allowance-nya. Normalnya 30 kg per orang tapi tahun lalu ada juga yang bisa dapet lebih dari maskapai tertentu.

Packing

Aku udah pernah share nih tentang apa aja yang aku bawa (dan apa aja yang perlu dibawa) waktu berangkat merantau. Cek di post yang ini yaa.

Mental

Nah ini persiapan terakhir, yang sebenernya paling penting. Waktu mau berangkat, rasanya tuh campur aduk. Excited and anxious at the same time. Persiapan mental orang-orang pasti beda-beda. Aku waktu itu sih banyakin berdoa aja supaya semuanya lancar and I kept telling myself that I’ll be back in a year dan setahun tuh ngga kerasa (setelah dijalani, beneran ngga kerasa loh). Selain itu, balik lagi ke poin sebelumnya tentang cari teman. Pas kamu tau akan ada temen-temen yang bareng sama kamu, itu ngebantu banget dalam mempersiapkan mental merantau. After all, percayalah kesempatan kuliah di luar negeri itu ngga bisa didapetin oleh semua orang and you’re among the lucky ones. Be excited about it!

It’s quite easy, right? Aku sengaja ngga bahas in too much detail karena bakal beda-beda setiap case. But if you do have further questions, drop a comment or email me. Insya Allah aku akan coba membantu. I wish you all a best of luck dalam persiapannya 🙂

 

♥ Atiqah Zulfa Nadia

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s