Prayers & Fortitude

Ada perasaan yang bahagia ketika menyadari bahwa di mana kita saat ini, hidup yang sedang dijalani sekarang, merupakan kehidupan yang kita dambakan di masa lalu. Jawaban dari doa-doa yang dulu pernah diucapkan.

“Bener ya, berdoa itu emang harus sabar..”

Satu kalimat itu yang diucapkan temanku ketika kami membicarakan tentang kesibukan masing-masing saat ini. Dulu aku dan dua orang temanku bekerja di perusahaan yang sama. Kami sebenarnya punya cita-cita untuk keluar dari pekerjaan itu. Aku mau S2 ke luar negeri, temanku mau kerja di perusahaan Jerman (karena dia ngefans banget sama Jerman entah kenapa), dan temanku satunya lagi mau kembali ke bidangnya saat kuliah yang ngga nyambung sama sekali dengan pekerjaan kami.

Akhirnya satu per satu dari kami berhasil resign dan menjalani cita-cita masing-masing.

Dari obrolanku di dalam angkot saat menyusuri kota Bandung sesudah hujan (yang suasananya syahdu banget itu…) ada beberapa pelajaran yang aku dapat. Bahwasannya berdoa itu harus sabar. Ada sebagian doa yang langsung dijawab seketika sesuai dengan apa yang dipinta. Namun ada sebagian lain yang perlu ditekuni, setiap hari, terus menerus.

Berdoa juga harus dibarengi dengan legowo. Kan kita semua tahu bahwa ada 3 cara Allah menjawab doa: diberi sesuai dengan permintaan, diberi yang lebih baik dari apa yang diminta, dan diberikan saat di akhirat. Nah untuk case yang kedua, seringkali yang ‘lebih baik’ itu awalnya ngga kita sadari sebagai sesuatu yang baik. Jadi kesannya seperti doa kita ngga terjawab. Seringkali kita merasa kalau berdoa minta A ya harusnya dikasih A. Padahal ngga juga 🙂 Bisa jadi B atau C itu jauh lebih baik.. tapi kita terlalu narrow minded untuk menyadari itu.

Lalu, pelajaran lainnya.. saat menjalani sesuatu yang kurang kita sukai, kita harus tetap menjalaninya sebaik mungkin. Say we don’t like the job we’re doing, bukan berarti kita bisa seenaknya dan malas-malasan sampai hasil kerjanya jadi berantakan. Bukan berarti bisa setiap hari mengeluh. Pernah dengar “be happy with what you have while working for what you want?” Jalani kehidupan saat ini sebaik-baiknya, sambil juga berusaha dan berdoa supaya bisa mendapatkan hal yang lebih baik, yang lebih sesuai dengan cita-cita dan ekspektasi kita.

Ada lagi nih, quotes bagus dari Conan O’Brien. Katanya “nobody in life gets exactly what they thought they were going to get. But if you work really hard and you’re kind, amazing things will happen.

Kayaknya di umur-umur pasca kampus gini banyak hal yang terjadi yang ngga sesuai ekspektasi. Ada artikel bagus membahas hal ini yang dikemas dengan menceritakan kehidupan tentang Lucy. Kalau dipikir-pikir, no need to stress that out. Berdoa aja dengan sabar dan terima apa yang sedang dikasih oleh Tuhan untuk kita jalani saat ini dan jalani dengan sebaik-baiknya. Plus, do not compare our life with others’.

…and then amazing things will happen 🙂

 

♥, Atiqah Zulfa Nadia

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s