Road to Healthy Lifestyle part I

Kalau ditanya resolusi di awal tahun 2018 ini apa, aku akan jawab punya hidup yang seimbang. Sebetulnya ya, resolusi ini udah sejak 2017. Tapi saking susahnya untuk dicapai, akhirnya di-carry over sampai tahun ini. Balanced life itu aspeknya banyak banget sih (mungkin ini juga yang bikin resolusinya sulit, apa harusnya ini dijadikan prinsip hidup aja ya?). Mulai dari work-life balance, mengejar dunia dan akhirat, makan seimbang, istirahat dan bekerja, dan lain-lain. Intinya hidup yang seimbang itu harapannya akan membuat sehat lahir batin.

Salah satu poin dari hidup seimbang itu buat aku adalah olahraga teratur. Sayangnya aku baru sadar mungkin setahun ke belakang ini kalau yang namanya olahraga rutin itu penting. Aku baca di sebuah artikel kalau orang yang kurang olahraga dan aktivitas fisik punya resiko lebih besar untuk terkena penyakit seperti kanker, jantung, dan diabetes. Bukan mutlak ya ini, kan hasil dari penelitian dalam sebuah populasi (ya in case ada yang mau mendebat ‘ada kok yang ngga olahraga tapi sehat-sehat aja’ atau ‘ada yang udah rajin olahraga tapi sakit’).

Dulu, motivasi aku untuk olahraga itu supaya kurus. Supaya berat badan turun. Kalau saran aku, jangan jadiin kurus sebagai motivasi. Soalnya motivasi kurus itu bisa hilang dengan mudah. Misal, udah kurus, jadi ngga olahraga lagi? Atau kalau ternyata udah olahraga mati-matian lalu ngga kurus, jadi mengundurkan diri? Kalau aku sendiri, motivasinya ya hidup sehat dan seimbang. Olahraga itu part of healthy lifestyle yang aku pengen jalanin sampai tua nanti.

Banyak banget hal menyenangkan yang aku rasain setelah rutin olahraga. Pertama adalah jadi happy. Setiap pagi-pagi sebelum beraktivitas yang lain aku nge-gym dulu, paginya jadi lebih excited dan merasa positif. Sudah sering dibahas kan yaa, bahwa ketika kita exercising, otak kita akan me-release endorphin yaitu hormon yang bikin senang. Terus, kulitku juga jadi lebih cerah setiap habis olahraga. Kalau yang aku baca sih, dengan berolahraga, sirkulasi oksigen dan nutrients lain meningkat, termasuk di sel-sel kulit. Ketiga, badan jadi lebih enteng. Terlepas dari berat badannya, tapi badan kita jadi lebih enak untuk dipakai beraktivitas lain. Ngga males, ngga mageran seperti couch potato. Bahasanya mungkin jadi lebih energetic gitu yaa.

Ngga gampang sih untuk stay motivated. Pasti ada momen-momen dimana aku males olahraga. Iman aja naik turun, apalagi motivasi macam gini.. tapi aku bersyukur karena punya lingkungan yang support healthy lifestyle juga. Aku punya teman kantor yang ngegym bareng, ada teman yang selalu ngingetin untuk jaga makan dan olahraga cukup, ada teman yang hobi banget olahraga sampai bikin terinspirasi dan ngga mau kalah. Dan balik lagi, harus inget-inget long term positive impact yang mudah-mudahan bisa dirasakan. Fyi juga, most of the successful people in the world rajin olahraga lho (siapa tau ini bisa jadi motivasi).

Awalnya pun rutin olahraga tuh berat.. dari cuma seminggu sekali, seminggu dua kali, lalu nambah jadi seminggu tiga kali. Aku prefer olahraga di gym, karena habis itu bisa langsung ngantor dan olahraga yang bisa aku lakukan variatif. Olahraga apa aja bebas, yang penting melakukan aktivitas fisik yang cukup. Jangan terlalu nyaman sama teknologi yang cuma bikin kita duduk-duduk aja. Ngga harus ke gym, sekarang banyak banget aplikasi olahraga yang bisa dilakukan di rumah, misal NTC-nya Nike. Atau nonton aja youtube, misal skwad fitness atau tontonin instagramnya @petitediva. Bahkan banyak olahraga yang ngga butuh alat apapun. Durasinya pun cuma sebentar.

Ini baru olahraga. PR aku masih banyak banget, terutama di makanan. Exposure kita terhadap beragam makanan tuh kadang bikin makan jadi ngga terkontrol. Aku tipe yang percaya apa aja boleh dimakan (asal halal) tapi jumlahnya jangan berlebihan. Tapi aku masih belum banyak progres sih di masalah makan sehat – so i’m gonna talk about this later.

Semoga bermanfaat ya! Dan semangat berolahragaa!

❤️ Atiqah Zulfa Nadia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s