Writer’s block

Menulis itu butuh inspirasi dan semangat. Setiap kali aku merasa ngga punya ide nulis, aku lumayan frustrasi. Karena ada 2 hal yang bisa jadi penyebab: hidupku berjalan terlalu monoton dan mediocre sehingga aku ngga ada hal menarik untuk dibagi atau sesimpel aku males aja untuk menata kata-kata. Keduanya sama-sama ngga baik.

To realize how little I have been writing lately, aku jadi sadar beberapa hal yang perlu aku renungkan. Pertama, whether I have done something meaningful, mungkin ngga perlu setiap detik, jam, dan harinya. Even one meaningful thing in a week should be enough. Harusnya dengan itu aku bisa punya sesuatu untuk diceritakan. Ngga harus grande dan wow, dengan baca buku, diskusi, update berita terkini, membuat atau mengerjakan sesuatu, dan macam-macam kegiatan lainnya – yang penting ada makna yang bisa diambil. This will be my first homework: kembali belajar memaknai, meresapi hal-hal yang terjadi dalam hidupku. Maybe this time around, I had let it pass me just like that.

Kedua, was I being lazy all this time? If so, then why? Was I lack of ambition? Semenjak lulus dan kerja kantoran, rasanya agak sulit menemukan ambisi yang men-drive diri supaya terus berkembang. Pertanyaan “what’s next?” jadi sulit dijawab. Disiplin jadi PR kedua, harus rutin melakukan kegiatan yang baik. Contohnya olahraga, ikut kelas online, dan nulis blog. To start is one challenge, but to be consistent is one level up.

Ketiga, penting untuk selalu ingat purpose kita dalam hidup. Makanya purpose ini baiknya tertuang dalam sebuah tulisan yang bisa sering dibaca. Ketika mengingat kembali tujuan kita, biasanya bakal kembali semangat melakukan hal-hal yang bisa membawa kita ke tujuan tersebut.

Well, big homework for me. Semoga bisa pelan-pelan meningkatkan frekuensi menulis lagi. Mudah-mudahan tulisan kali ini ngga hanya jadi mediaku untuk rant about experiencing such writer’s block, tapi juga memberi inspirasi atau perspektif baru untuk siapapun yang baca. Cheers!

♥️, Atiqah Zulfa Nadia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s